Tips Desain Dapur Dan Kitchen Set

Rabu, 08 Februari 2017

Tips Mendesain Dapur Dan Kitchen Set Yang Perlu Diketahui - Bagian Satu

Mendesain kitchen set memerlukan pengukuran yang terencana, bukan hanya model dan warna yang cantik. Desainer interior yang baik mempunyai standar ukuran ideal berdasarkan ilmu ergonomik. Ilmu ergonomik sendiri ialah ilmu yg mempelajari tentang dimensi tubuh manusia.

Baca juga:
Saat proses perancangan, ukuran kitchen set harus disesuaikan dgn ukuran manusia. Utk standarisasi, rata-rata tinggi badan manusia yg digunakan oleh patokan adalah 170cm-180cm. Dgn demikian, tinggi kitchen set jangan lebih 227,5cm. Tujuannya supaya orang dewasa tidak kesulitan menjangkau tempat teratas maupun laci terbawah dari kitchen set tersebut.
Ukuran-Kitchen-Set
Ilustrasi pengukuran tinggi, panjang, dan lebar kitchen set yg disesuaikan dgn tubuh manusia.
Kitchen set terbagi menjadi tiga yaitu lemari penyimpanan di bagian atas, countertop (bagian ‘meja’ dapur yang datar dan terbuka), kompor, dan wastafel di bagian tengah, juga laci-laci di bagian bawah.

Lemari atas: Bagian terbawah dari lemari bagian atas ini tidak boleh lebih rendah dari 82,5cm dari lantai. Dgn begitu, saat pintu lemari dibuka, orang dewasa dapat langsung melihat apa yg ada di dalamnya. Kalau terlalu rendah, kepala orang dewasa dapat terbentur saat mengerjakan kegiatan seperti mengiris, memblender, dan lain-lain di countertop.

Bagian tengah: Permukaan countertop, kompor, dan wastafel utk cuci piring jangan lebih rendah dari 62,5cm dari lantai. Kalau terlalu rendah, orang dewasa harus membungkuk saat beraktivitas hingga membuatnya juga cepat lelah.

Dgn tinggi 62,5cm, orang dewasa dapat mengerjakan berbagai hal seperti memasak, mencuci piring, mengiris bahan makanan dalam posisi tegak dan rileks.

Bagian bawah: Sebagai patokan, harus ada sedikitnya ruang kosong dgn jarak 120cm antara kabinet dgn orang yg berdiri di depannya. Tujuannya, saat laci terbuka, masih ada cukup ruang bagi orang di dapur untuk bergerak.

Dikutip dr situs Rumah.com, Selasa (5/4/2016) Fransisco Theo, membagi kitchen set dlm enam tipe desain. Berikut ulasan keenam tipe tsb yg dapat Anda terapkan di rumah.

Tipe Single Line
kitchen set single line
Contoh desain kitchen set single line (source: pixabay.com)
Bentuk ini adalah bentuk paling sederhana yg biasa diterapkan di rumah-rumah berukuran kecil dan menengah. Di sini countertop, kompor, dan sink berada dlm satu baris (single line).


Tipe Double Line
kitchen set double line
Conth esain double line kitchen set (source: har.com)
Tipe kitchen set ini sering disebut jg dgn bentuk koridor. Model ini sangat membantu untuk mempermudah pemisahan antara counter top dengan kompor dan wastafel.

Lanjutkan ke Tips Mendesain Dapur Dan Kitchen Set Bagian ke-2 lihat DI SINI

Sumber rumah.com.

0 komentar

click to leave a comment!